Jumat, 20 Desember 2013

Membersihkan Kuping Si Kecil

Pernah merasa was-was membersihkan kuping si kecil? Jangan takut! selama tahu caranya dan melakukannya dengan benar, insya Allah kuping si kecil bisa bersih. Yuk, simak tips berikut:
  • Sehabis si kecil mandi, cukup lap liang telinga luar si kecil dengan tisu kering.
  • Ajak si kecil bercakap-cakap agar kegiatan membersihkan telinga menyenangkan hatinya.
  • Basahi cutton bud khusus baby atau kapas bulat dengan air hangat terlebih dahulu. Pegang kepala si kecil, lalu bersihkan bagian depan, lekukan  dalam daun telinga dan belakang daun telinganya dengan hati-hati. Lakukan hal yang sama untuk telinga lainnya. Setelah usai keringkan telinga si kecil dengan handuk atau kain yang lembut.
  • Hindari penggunaan cairan kimia  (baby oil atau minyak telon) untuk membersihkan telinga bayi karena kadang-kadang menimbulkan iritasi atau membuat kulit tambah berminyak.
  • Jangan membersihkan telinga dengan cara mengoreknya, baik menggunakan cutton bud atau yang lainnya. Bersihkan telinga bagian luar saja, karena telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan lubang telinga. Kerangka daun telinga dan sepertiga bagian luar telinga terdiri dari tulang rawan yang elastis, sehingga aman untuk dibersihkan.
  • Usahakan agar anak mengunyah makanan atau menghisap dot secara benar. Mengunyah atau mengisap dot merupakan mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.

Sumber: "Mom&Kiddie" Edisi 18.Thn.IV
sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_vRuhStha5i8/SuWpcktv3_I/AAAAAAAACNw/YOyMn1rXZCs/s200/telinga-bayi.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...