Senin, 11 November 2013

Mengapa Harus Tidur Dalam Kondisi Gelap

Pernah mendengar hadits Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam tentang sunnah untuk tidur dengan kondisi lampu dipadamkan (gelap). Berikut kutipan haditsnya :
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda “Artinya : Tutuplah bejana, ikatlah tempat air yang terbuat dari kulit, kancinglah pintu-pintu, dan matikanlah lampu lentera, karena sesungguhnya syetan tidak mampu melepaskan ikatan tempat air, tidak mampu membuka pintu, dan tidak mampu membuka tutup bejana.

Kalau salah seorang di antara kamu tidak mendapatkan (sesuatu untuk menutup bejana) kecuali hanya mendapatkan sepotong lidi, maka tutupkanlah dan hendaklah dengan menyebut nama Allah. Karena sesungguhnya tikus itu (biasa) membakar rumah (yang lampu lenteranya tidak dimatikan), yaitu dengan menambrak lampu itu lalu menumpahkan minyak yang ada di dalamnya sehingga terbakarlah rumah itu” [Hadits Riwayat Muslim]


Dan dalam hadits yang lain :
Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda : "Janganlah engkau tinggalkan api (lampu lentera) di rumahmu ketika kamu tidur" (H,R. Bukhari dan Muslim).

Anjuran untuk memadamkan api sebelum tidur bagi sebagian kita mungkin berpendapat bahwa hal itu karena pada zaman Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam masih menggunakan lampu lentera yang beresiko menimbulkan kebakaran jika tidak dimatikan. tapi hadits ini tetap berlaku bagi kita yang saat ini menggunakan lampu listrik.


Ternyata, dibaliknya terkandung hikmah yang sangat penting. Salah satu hikmahnya yakni hormon melatonin akan diproduksi lebih banyak pada suasana ruangan gelap daripada suasana yang redup, apalagi terang.

Apa itu hormon melatonin ? melatonin adalah hormon yang diproduksi di otak yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan sel dan syaraf. Dan akan mulai aktif pada saat tidur, terutama pada malam hari dan gelap.

Terutama untuk si kecil. Adalah sangat penting untuk menidurkannya dalam kondisi gelap, untuk perkembangan sel-sel otaknya.


sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/_TWvK0zxkV2I/S5HI7JVipbI/AAAAAAAAACk/mmPKQ59TdWU/s200/malam.png

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...