Minggu, 28 Desember 2014

Lemari dari kardus bekas

Asyik berselancar di dunia maya, tanpa sengaja berkunjung ke sebuah postingan tentang prakarya dari barang-barang bekas, menarik dan saya terinspirasi. Tanpa berpikir panjang saya langsung menuju ke ruang belajar anak-anak, di situ ada beberapa kardus bekas. Setelah menrenung sejenak, “Bikin apa ya?”. Akhirnya saya berpikir untuk membuat lemari sederhana, lumayanlah sebagai wadah untuk menaruh barang-barang kecil di sekitar rak buku yang terbuat dari papan dengan siku sebagai penyanggahnya.

Singkat cerita, kardus yang saya pilih untuk membuat prakarya ini adalah dua kardus susu ultra, saya sudah membayangkan akan membuat lemari dua pintu (kiri dan kanan) dengan menyatukan kedua kardus yang tadinya terpisah.
Sebagai rak sisi dalam lemari tentu saya butuh bantuan potongan kardus di luar kedua dus tadi.

Pilihan kardus yang akan di make over :)
Berikut step by step proses pembuatannya.

Bahan :
2 buah kardus
2 buah Kertas kado
Karton jilid berwarna biru
2 buah tutup botol pocary sweat
Kain kasa (bisa diganti dengan kapas, dakron, ataupun perca kain, kebetulan kasa bulat yang ada saat itu hehe

Alat :
Gunting
Cutter
Plester
Penggaris
Lem Castol
Klip
Pensil/pulpen/spidol

Alat dan bahan

Cara membuat :

  • Menyatukan kedua sisi kardus dengan klip dan plester.
  • Membuat rak sisi dalam lemari dari kardus  berbeda yang ukurannya disesuaikan dengan panjang dan lebar kardus setelah disatukan. Mengukurnya tentu dengan bantuan pensil dan penggaris.


  • Mulai membungkus sisi-sisi kardus dengan kertas kado, hingga hampir seluruh permukaan luar kardus tertutupi kecuali di bagian belakang karena nantinya tidak akan nampak dari depan. Sebaiknya tetap teliti dalam pengukuran agar hasilnya maksimal. Perekatannya menggunakan bantuan lem castol.
  • Karton jilid digunakan hanya sebagai variasi motif.
  • Hiasan pada sisi pintu berasal dari guntingan motif pada kartu undangan pernikahan hehe…
  • Untuk gagang pintu, saya menggunakan tutup botol pocary sweat. Dengan terlebih dahulu membungkus kain kasa dengan potongan kertas kado yang semotif dengan lemari, lalu memasukkannya ke dalam tutup botol yang terlebih dahulu diolesi dengan lem castol agar merekat.
Bahan membuat gagang pintu
Aisyah yang juga ikut membantu











PR terakhir yang membutuhkan jeda waktu beberapa hari yakni ide agar pintunya tertutup alias membuat kunci dari lemarinya dan itu saya serahkan pada suami. Akhirnya beliau mendapatkan ide membuat kunci lemari dari kancing baju.

Kebetulan beliau mempunyai jaket yang tidak layak pakai, tiba-tiba kepikiran menjadikan kancing lengan jaketnya sebagai kuncinya. Alhamdulillah. Ternyata ada juga hikmahnya memilah baju dan jaket yang sudah tidak layak pakai, padahal sebelumnya tidak kepikiran sampai ke arah sana.



So… jadilah prakarya lemari sederhana dan alhamdulillah sudah kami manfaatkan. Insya Allah bukan sesuatu yang sulit, dan saya yakin banyak yang mampu membuat seperti ini bahkan membuat yang jauh lebih bagus. Kami hanya ingin berbagi… ~senyum~




35 komentar :

  1. Balasan
    1. Makasih udah mampir mbak maydina :)

      Hapus
  2. Wah, kreatif, Mbak. Makasih tipnya, ya. Bisa buat kerjaan anak-anak pas liburan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak haya, makasih udah mampir :)

      Hapus
  3. Boleh juga nih ide nya mak buat mengisi liburan

    BalasHapus
  4. beda bgt hasil jadinya,,kerennn,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak deena. Salam kenal :)

      Hapus
  5. Putri saya terpesona lihat postingan ini...:)

    Kak BIlla ( 6 tahun) memang suka sekali dengan prakarya menggunakan kardus... katanya tadi, mau dicobanya jika dia sudah gedean dikit..hehehe

    Mungkin kalau ketemu kardus bagus, akan saya simpan dan ajak putri saya membuatnya.

    makasih idenya mbak sri..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak dian. Dede Bella yang semangat yaaa :)

      Hapus
  6. Waaaa kerennn makkk....akuuu conteekkk yaaa makasih banyak...
    Pengen nyoba bikin buat dirumah

    BalasHapus
  7. Mak itu kuat untuk berapa barang??
    Makasih idenya....pengen nyobain juga dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung besar barangnya mak. Yang ringan-ringan aja. Soale dari kardus, bisa dibayangkan kekuatannya gimana. Semakin besar kardus yang kita make over, semakin banyak kan ya daya tampungnya :)

      Hapus
  8. Subhanalloh.... kreatif Mak.... ren keren... salam kenal juga ya Mak :)

    BalasHapus
  9. Kereen... saya juga pernah punya dus sebesar itu, tapi blom dibuat apa-apa. Kreatif sekali mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan juga lagi mood bikinnya. Hehe

      Hapus
  10. Cantik... Saya juga sering pakai kardus buat barang2 di kosan. Dulu sih sering niat ditempeli kertas kado permukaannya biar agak enak dipandang. Tapi pintunya ya susah nutup rapat. Ternyata bisa pakai kancing ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, itu juga beberapa hari baru kedapatan idenya, kalau ga ada kuncinya akan terbuka terus hehe... Salam kenal

      Hapus
  11. Ya ampun, kreatif banget sih mak. Kardus bekas disulap jadi lemari mungil yang cantik. Klo bentuk lemari gini nggak kena debu, ngambilnya jadi lebih mudah ya mak. Keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. makasih mak apresiasinya :)

      Hapus
  12. alhamdulillah.....izin share y mbk....cz mau coba buat....mkasi bnyak utk ide kreatifny..he..
    salam ukhwah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak siti... Salam ukhuwah juga untuk mbak siti

      Hapus
  13. ada ide2 lain gk mbk.....klo ad..boleh tu sya blajar hee... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara itu dulu ya mbak.. Makasih udah berkunjung

      Hapus
  14. itu bisa tahan lama gak mbk , bagus deh hasilnya

    BalasHapus
  15. In syaa Allah bisa. Sekarang masih awet. Dengan syarat, jauhkan dari jangkauan anak-anak... Hehe..
    Apalagi yang hobi negbongkar ;)

    BalasHapus
  16. Kak mau tanya, gimana carany spy pembatas rakny bisa kokoh kah? Makasih banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya, caranya buat lubang dari tembus dari satu sisi ke sisi yang lain...
      Terus bagian ujung agak dilebihkan sedikit untuk dilem kebagian sisi lemari. Bagaimana ya cara menjelaskannya. Saya lupa juga membahas dan mengambil gambar pada saat kedua ujung sisi rak dilem...
      Yang jelas bagian ujung yang tadi dilebihkan sedikit dibelah lalu diberi lem dan direkatkan dengan arah berlawanan, ada yang dilem ke atas dan kebawah. Semoganpaham ya :)

      Hapus
  17. Kapan kapan buat lemari barbie donk😄

    BalasHapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...